Sebanyak 300 tokoh organisasi pengelola zakat dari 28 negara siap menghadiri konferensi internasional World Zakat Forum 2019 yang akan dilaksanakan Selasa hingga Kamis pekan depan di Crown Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Acara yang Mengusung tema “Optimalisasi zakat melalui teknologi digital” ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Menteri Agama RI Fahrul Razi, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Sekretaris Jenderal World Zakat Forum Bambang Sudibyo juga dijadwalkan hadir.

Bambang Sudibyo mengatakan, tema world zakat forum 2019 ini diangkat karena kebutuhan pengelolaan zakat yang harus sejalan dengan gaya hidup masyarakat yang kini menjadi serba cepat dan mudah dengan fasilitas teknologi digital. Menurut bambang, Tantangannya adalah bagaimana dengan kemajuan teknologi ini bisa lebih meningkatkan percepatan pelayanan bagi para pengelola zakat. Selain, bagaimana agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat berzakat bagi umat Muslim sedunia. Hal ini sebagaimana diungkapkan Bambang dalam keterangan pers rabu kemarin.

Selain itu, dalam menjawab tantangan zakat di era digital dengan memanfaatkan teknologi, para pengelola zakat bisa mempercepat akses terhadap kebutuhan para penerima zakat atau mustahik. Harapannya, penghimpunan zakat semakin besar, penyaluran zakat semakin tersebar dan kemiskinan di dunia dapat dientaskan.

Panitia juga mengundang BAZNAS se-Indonesia, pimpinan daerah dan dinas terkait, akademisi dan peneliti, lembaga amil zakat, organisasi non pemerintah, perwakilan institusi multinasional, mahasiswa, dan masyarakat umum. (hidayatulloh.com/admin)

%d blogger menyukai ini: