8 warga terluka akibat peluru karet yang ditembakkan serdadu Zionis saat terjadinya bentrokan antara pemuda Palestina dan pasukan Israel di pintu masuk utara Al-Bireh. Para pemuda tersebut adalah Mahasiswa Universitas Birzeit yang melakukan aksi solidaritas terhadap para tahanan yang mogok makan.

Sumber-sumber lokal mengatakan, puluhan pemuda dari Universitas Birzeit melakukan aksinya di pintu masuk kota utara Al-Bireh. Mereka membakar ban karet dan melempari batu ke arah tentara pendudukan.

Sementara itu, mahasiswa dari universitas lainnya berpartisipasi dalam aksi duduk-duduk di kampus. Semua pimpinan di gerakan mahasiswa sepakat tentang perlunya aksi mahasiswa untuk mendukung para tahanan dalam perjuangan mereka melawan manajemen penjara-penjara Israel.

Aksi mogok makan diambil para tawanan Palestina di sejumlah penjara Israel untuk melawan kebijakan zalim yang menimpa mereka, seperti penahanan administrative atau penahanan tanpa dakwaan maupun pengadilan, pemindahan ke ruang isolasi dan lainnya.

Sekitar 5000 tawanan Palestina mendekam di penjara Israel, mayoritas dari mereka ditahan karena aktivitas terkait perlawanan. (melayu.palinfo.com/admin)

%d blogger menyukai ini: