Aksi Cepat Tanggap menyampaikan bahwa penghimpunan zakat dan wakaf di sepanjang tahun 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini terjadi karena kesadaran masyarakat Muslim tentang wakaf mulai meningkat. Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis menyampaikan, penghimpunan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf termasuk dana untuk kemanusiaan lebih dari 500 miliar sepanjang tahun 2019. Sementara di tahun 2018 penghimpunan dana Ziswaf sebesar sekitar 300 miliar rupiah.

Tapi karena pada 2018 terjadi bencana alam yang sangat dahsyat, banyak masyarakat yang menyalurkan donasi ke ACT untuk membantu korban bencana alam di Pulau Lombok, Kota Palu dan sekitarnya.

Ia menjelaskan, sepanjang tahun 2019 nyaris tidak ada bencana alam yang sangat besar seperti tahun lalu. Tapi dana Ziswaf yang dihimpun ACT mencapai lebih dari 500 miliar rupiah, artinya ada kenaikan penghimpunan Ziswaf.

Ia mengatakan, dana Ziswaf yang dihimpun ACT sepanjang tahun 2019 didominasi zakat dan wakaf. Berbeda dengan tahun 2018, dana Ziswaf yang dihimpun ACT didominasi oleh dana untuk kebencanaan. Karena terjadi bencana alam yang besar jadi masyarakat banyak yang berdonasi untuk membantu korban bencana alam.

Menurut Azis, kesadaran masyarakat untuk melaksanakan wakaf terus meningkat seiring penghimpunan dana wakaf terus meningkat. Umat mulai banyak yang melaksanakan wakaf.

https://khazanah.republika.co.id/berita/

%d blogger menyukai ini: