Afghanistan pada hari Kamis kemarin memulai proses pembebasan 100 tahanan Taliban  untuk ditukar dengan 20 pasukan keamanan yang ditahan oleh pihak taliban. Ini adalah langkah pertama menuju pembebasan 6 ribu tahanan yang ditahan oleh pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban.

Nama-nama yang akan dibebaskan telah dikirim ke otoritas penjara. Taliban telah mengatakan pertukaran dimulai minggu ini ketika tim-tim dari pihak yang bertikai mengerjakan perincian teknis dan logistik untuk menerima tahanan di tengah pandemi coronavirus.

Kedua belah pihak mengkonfirmasi bahwa para tahanan Taliban akan dibebaskan di pangkalan militer Bagram di utara ibukota, Kabul. Namun lokasi untuk pembebasan pasukan keamanan Afghanistan belum dikukuhkan.

Satu tim beranggotakan tiga orang Taliban tiba di Kabul pada hari Selasa kemarin untuk memulai proses pertukaran tahanan dan bertemu para pejabat Afghanistan.

Menteri luar negeri Amerika  Mike Pompeo (Maik Pompew) memuji perkembangan dan menyebutnya sebagai “kabar baik. Hal ini diungkapkan Pompeo seminggu setelah mengunjungi kedua pemimpin pemerintah di Kabul dan perwakilan Taliban di ibukota Qatar, Doha.

Sebagaimana diketahui, Taliban ingin Ghani membebaskan 5.000 tahanan sebelum mengadakan pembicaraan dengan pemerintah Afghanistan. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: