Kabul, Afghanistan – Afghanistan telah menyatakan keprihatinannya kepada Dewan Keamanan PBB tentang rencana kunjungan negosiator Taliban ke Pakistan. Menurut Afghanistan, Pakistan harusnya meminta izin pemerintah afghan sebelum mengundang Taliban.

Negosiator Taliban Kamis sebelumnya mengumumkan mereka akan bertemu dengan perwakilan Amerika serikat di Pakistan pada hari ini. Pertemuan tersebut sebagai bagian dari pembicaraan damai Afghanistan yang sedang berlangsung. Selain itu Taliban juga akan bertemu  dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan untuk mengadakan diskusi komprehensif tentang hubungan Pakistan-Afghanistan.

Dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan, misi PBB Afghanistan menulis bahwa Taliban dan Pakistan melakukan pelanggaran terhadap kedaulatan nasional Afghanistan. Pakistan belum menanggapi pernyataan yang dibuat dalam surat Afghanistan kepada Dewan Keamanan tersebut.

Ketegangan memuncak antara Afghanistan dan Pakistan. Kabul dan Washington menuduh Islamabad menyediakan tempat berlindung yang aman bagi para teroris di wilayahnya. Sementara Pakistan membantah tuduhan itu. (arrahmah/admin)

%d blogger menyukai ini: