Lebih dari 140 ribu item makanan kadaluarsa disita dari gudang sebelum didistribusikan ke toko-toko di Makkah. Angka tersebut termasuk 3 ribu susu formula bayi yang didapat selama musim haji tahun ini.

Kementerian Perdagangan dan Investasi Arab Saudi, telah meluncurkan kampanye guna memastikan ketersediaan makanan selama musim haji. Inspeksi terhadap kualitas makanan merupakan bagian dari kampanye tersebut.

Sementara itu, seorang pejabat di Kementerian Perdagangan dan Investasi, mengatakan bahwa ratusan ribu item yang disita tersebut merupakan makanan yang disimpan dalam kondisi yang melanggar peraturan kesehatan di Makkah. Ia menerangkan bahwa, praktek penyimpanan obat-obatan kadaluarsa dan item yang rusak secara medis akan menjadi bagian pemeriksaan.

Sebagaimana dilansir Arab News pada Rabu kemarin, pejabat yang tidak disebutkan namanya tersebut juga mengatakan bahwa, semua item yang disita dalam persiapan untuk dihancurkan, semua pekerja bersama pemilik, berada di bawah penyelidikan, mereka menunggu sanksi hukum.

Selain itu, razia akan dilakukan di tempat-tempat suci, terutama toko-toko yang sebagian besar sering dikunjungi jamaah haji. Pemeriksaan rencananya turut mencakup pemeriksaan intensif perhiasan dan logam mulia, pompa bensin, toko-toko ponsel, lemari es dan truk makanan.

republika.co.id

%d blogger menyukai ini: