Pernyataan putri Presiden pertama Indonesia Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri menuai banyak kecaman. Kecaman itu muncul soal sosok ayahnya selaku mantan Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno lebih berjasa daripada Nabi Muhammad pada awal abad ke-20.

Direktur Eksekutif Tjokroaminoto Institute, Afrifan Eldo menyesalkan pernyataan Sukmawati yang menyatakan Soekarno lebih berjasa dari nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam di abad 20. Eldo mengakui, Soekarno memang merupakan sosok yang hebat yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dia menambahkan Soekarno banyak terinspirasi dan belajar dari Tjokroaminoto. Menurut Eldo, Tjokroaminoto adalah orang yang sangat mengagumi Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam dengan semangat nilai islam dan keberpihakan kepada kaum yang lemah.

Sebelumnya, saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi bertema ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkap Radikalisme dan Berantas Terorisme’ beberapa waktu lalu, Sukmawati sempat bertanya soal sosok yang berjasa merebut kemerdekaan Indonesia.

https://www.arrahmah.com

%d blogger menyukai ini: