Pemerintah Bangladesh akan mulai memindahkan pengungsi etnis muslim Rohingya asal Myanmar ke pulau yang tak layak dihuni. Pemindahan itu dengan dalih untuk mengurangi kepadatan di Cox’s Bazar, kota penampungan utama pengungsi Rohingya.

Sejumlah sumber pemerintah mengatakan pada Ahad kemarin bahwa pemindahan itu akan dilakukan bula depan. Pulau baru untuk menampung pengungi Rohingya itu bernama pulau Basan Char. Pulau Basan Char merupakan pulau kosong karena kerap banjir. Pulau ini juga kerap dilanda angina topan.

Mahboob Alam, kepala komisi bantuan dan pemulangan pemerintah yang berbasis di Cox’s Bazar mengatakan telah mendata dan ada  sebanyak 7 ribu pengungsi telah setuju untuk pindah.

Pemerintah Dhaka ingin memindahkan sebanyak 100 ribu pengungsi ke pulau Basan Char, yang terletak di Teluk Benggala dan ditempuh beberapa jam dengan kapal dari daratan di Bangladesh.

Organisasi hak asasi manusia telah menyatakan keprihatinan tentang rencana pemindahan itu. Mereka mengatakan bahwa pulau itu terpencil dan bisa hancur oleh angin topan. (kiblat.net/adm)

%d blogger menyukai ini: