Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal atau BPJPH diminta lebih intensif memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya sertifikasi halal ke masyarakat.  Ketua Halal Institute, Andi Subijakto mengatakan, publik tidak akan tahu dan paham manfaat sertifikasi halal jika tidak diberi tahu. Hal ini sebagaimana diungkapkan Andy kepada media senin kemarin.

Setelah edukasi dan sosialisasi hingga masyarakat paham tentang halal, Andi mengatakan, selanjutnya masyarakat dilibatkan dalam proses membangun industri halal. Keterlibatan setiap individu masyarakat tidak boleh hanya sampai mereka menjadi konsumen halal, tetapi sampai mereka menjadi pelaku usaha halal.

Ia menerangkan, ajaran Islam mengajarkan menjadi pedagang. Jadi masyarakat Muslim sebaiknya jangan hanya menjadi konsumen tetapi harus bisa menjadi konsumen sekaligus menjadi produsen produk halal.

Sebelumnya, Ketua Halal Institute ini meminta pemerintah segera menetapkan tarif sertifikasi halal agar tidak menghambat. Andy mengatakan, pemerintah harus berani mengambil inisiatif untuk menetapkan tarif sertifikasi halal.

https://khazanah.republika.co.id

%d blogger menyukai ini: