Delegasi komisi pemilihan umum tiba di Gaza, Ahad kemarin melalui perlintasan Bet Hanun di Gaza utara. Delegasi terdiri dari ketua komisi, Hana Nasher, ketua pelaksana Hisyam Kahel, dan wakil ketua pelaksana, Ashraf al-Syuaibi.

Ketua pelaksana komisi, Hisyam Kahel mengatakan, komisi telah menyiapkan agenda pertemuan dengan pimpinan Hamas di Gaza, dan semua faksi nasional dan lembaga sipil, serta sejumlah organisasi pada Senin kemarin.

Pemilu yang akan digelar pertama terkait legislative, kemudian disusul pemilu eksekutif. Kahel meminta segenap masyarakat internasional untuk mengirimkan perwakilannya guna mengawasi jalannya proses pemilihan umum, dan mendukung suasana kondusif untuk memudahkan partisipasi warga secara bebas dan sempurna.

Pemilu diharapkan mampu menyatukan kembali elemen Palestina, yang saat ini masih terpecah, dimana otoritas Palestina memegang kendali di Tepi Barat, sementara Gaza terbengkalai, dan masih berada dalam blockade penjajah zionis Israel, darat, laut dan udara, yang memicu berbagai krisis kemanusiaan parah, meningkatnya garis kemiskinan dan pengangguran, serta minimnya layanan public di sector kesehatan dan sosial kemanusiaan. (melayu.palinfo.com/admin)

%d blogger menyukai ini: