Dewan Masjid Indonesia atau DMI mengajak seluruh umat Islam terutama pengurus masjid untuk melaksanakan shalat Istisqa. Direktur Program DMI, Munawar Fuad Nuh mengatakan bahwa dia telah berkomunikasi terutama dengan provinsi yang terdampak Karhutla agar melakukan shalat Istisqa dan berdoa secara khusyuk dan minta pertolongan pada Allah agar turun hujan.

Menurutnya upaya religius tersebut merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan umat muslim agar bencana Karhutla segera teratasi. Kemudian, para pengurus juga diminta menjadikan masjid sebagai pusat singgah penampungan dan evakuasi kabut asap.

Menurutnya, Karhurla tidak bisa dikatakan sebagai musibah atau ujian saja melainkan sebuah peringatan kepada manusia karena eksploitasi terhadap alam yang berlebihan mengakibatkan bencana besar. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Doni Monardo mengatakan telah berkoordinasi dengan DMI agar mengajak umat secara bersama berdoa dan melaksanakan shalat Istisqa.

Hal itu, kata dia, sejalan dengan pesan Presiden agar mengutamakan pencegahan dibandingkan penanggulangan. Kemudian, masyarakat terus diajak melakukan pencegahan perluasan titik api.

Dalam hal ini, peran DMI dibutuhkan agar di berbagai kesempatan dan kerja keras petugas dalam memadamkan api diiringi doa. (khazanah.republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: