Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI, Fadli Zon mendorong pendekatan multilateral dalam mengatasi berbagai permasalahan di Asia, khususnya terkait penindasan terhadap etnis Muslim Rohingya di Myanmar dan Uighur di Xinjiang, China. Politisi Partai Gerindra ini menekankan hal itu saat memimpin pertemuan Pertemuan parlemen Asia kedua belas yang berlangsung di Antalya, Turki yang berlangsung dari hari jumat sampai hari rabu.

Pada pertemuan ini, Delegasi DPR RI mengikuti sidang-sidang komite politik, ekonomi, dan pembangunan berkelanjutan, serta sosial dan budaya yang membahas mengenai berbagai draft resolusi yang berkaitan dengan ketiga komite tersebut.

Dalam sambutan di forum, Fadli menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjaga perdamaian dan keamanan global sebagai bentuk kontribusi pada agenda pembangunan global. Fadli mengungkapkan bahwa Indonesia terus-menerus menyuarakan hak-hak rakyat Palestina, dan mendorong pembentukan negara Palestina yang bebas, demokratis, dan makmur. Hal itu kata Fadli sebagai bagian dari komitmen Indonesia untuk berpartisipasi dalam tatanan dunia berkebebasan, perdamaian, dan keadilan sosial.

Selain itu, DPR RI mendukung resolusi konflik damai di Myanmar dan berkomitmen untuk mendukung pemulangan pengungsi Rohingya dan memastikan pengembalian para pengungsi dalam kondisi aman dan selamat.

Dalam kesempatan tersebut, Fadli juga menyatakan komitmen Indonesia mendukung perdamaian atas situasi yang terjadi di wilayah minoritas Muslim di Xinjiang.

https://www.hidayatullah.com/

%d blogger menyukai ini: