Dua tentara Turki tewas dan lima lainnya terluka dalam serangan udara oleh rezim Asad pada Kamis kemarin di wilayah barat laut Suriah, provinsi Idlib. Menyikapi serangan tersebut, Turki segera membalasnya dengan serangan serupa.  Lebih dari 50 tentara rezim Asad dilaporkan telah tewas dalam serangan balasan tersebut. Hal ini sebagaimana klaim kementerian pertahanan Turki seperti dilaporkan Al Jazeera.

Serangan itu terjadi sehari setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan serangan militer Turki di Idlib, tempat pasukan rezim Suriah yang didukung oleh militer Rusia, melakukan operasi untuk menaklukan wilayah itu.

Awal bulan ini, 13 tentara Turki tewas dalam serangan rezim Suriah.  Erdogan mengatakan Turki akan menyerang pasukan Suriah jika seorang tentara Turki kembali terluka. Dalam sebuah pernyataan, kementerian pertahanan mengatakan lima tank, dua pengangkut personel lapis baja, dua truk lapis baja dan satu howitzer juga hancur sebagai pembalasan.

Sementara itu, kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan sedikitnya 11 militan pro-rezim dan 14 pro-Turki tewas bersama dengan dua tentara Turki. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: