Presiden Turki Recep Tayip Erdogan menghadiri upacara peresmian Masjid Pusat Cambridge, Inggris, pada Kamis kemarin. Erdogan hadir bersama ibu negara Emine Erdogan dan sekelompok pejabat tinggi Turki. Berbicara tentang masjid ramah lingkungan pertama di Eropa yang dibangun di Cambridge, Erdogan mengatakan bahwa masjid tersebut akan menjadi respons terbaik terhadap meningkatnya Islamofobia.

Upacara dibuka dengan pembacaan Alquran dari imam masjid, Sejid Mekic. Acara tersebut juga dihadiri musyid asal Inggris Yusuf Islam. Yusuf Islam mengatakan Masjid Pusat Cambridge akan mempromosikan pemahaman tentang islam. Yusuf Islam berterima kasih kepada presiden Turki dan Direktorat Urusan Agama Turki untuk bantuan dalam membangun masjid.

Jalan untuk membangun masjid ramah lingkungan pertama di Eropa dimulai pada tahun 2008. Pelajar dan mahasiswa Muslim di kota itu meminta bantuan ke salah satu Muslim paling berpengaruh di Inggris Timothy Winter, juga dikenal sebagai Syaikh Abdal Hakim Murad, dekan Cambridge Muslim College, yang berperan penting dalam mendapatkan tanah untuk masjid baru. Lebih dari 10 ribu orang dan kelompok menyumbangkan uang untuk pembelian masjid itu, dengan kelompok-kelompok Turki menyumbang paling banyak. Dana Nasional Qatar juga termasuk di antara para donor.

https://khazanah.republika.co.id/

%d blogger menyukai ini: