Istanbul, Turki – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis mengatakan, untuk melindungi keutuhan wilayah Suriah, kelompok milisi kurdi PYD/YPG harus dibersihkan dari semua daerah. Diketahui Kelompok  gerilyawan tersebut masih berada di dekat perbatasan Turki.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Presiden Turki Recep  Erdogan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Rusia, sebelum pertemuan tiga-pihak mereka dengan rekanan mereka dari Iran.

Dalam aksi teror selama lebih dari 30 tahun terhadap Turki, PKK yang dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki dan Uni Eropa, telah bertanggung-jawab atas kematian sebanyak 40 ribu orang, termasuk perempuan dan anak-anak. PYD/YPG disebut sebagai cabang PKK di Suriah.

Turki telah berjanji akan melancarkan operasi kontra-teror terhadap PYD/YPG di Suriah, setelah dua operasi yang gemilang sejak 2016.

Erdogan juga mengatakan Turki menyambut baik sikap positif mengenai zona aman yang diusulkan di Suriah Utara. Turki mendukung gagasan itu selama usulan tersebut melihat keprihatinan keamanan nasional Turki. (republika/admin)

%d blogger menyukai ini: