Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pengamanan wilayah yang dibebaskan untuk zona aman yang direncanakan di Suriah. Luas wilayah yang dibebaskan memiliki panjang lebih dari 400 kilometer dan masuk ke dalam wilayah seluas  32 kilometer. Erdogan juga menegaskan bahwa para pengungsi akan kembali ke daerah yang dibebaskan.

Di kesempatan yang sama, Erdogan menuduh para pemimpin dunia mengkhianati misi mendirikan zona aman untuk kepentingan pengungsi Suriah. Selama ini Turki menampung hampir 4 juta pencari perlindungan, dan mengeluarkan 40 miliar dollar untuk pengungsi.

Turki juga mendapatkan dukungan dari pihak lain, para pemuda dan veteran Azerbaijan menyatakan dukungan mereka untuk operasi Turki ke Suriah timur laut, dan bahkan meminta mereka bergabung dengan angkatan bersenjata Turki dalam perang melawan milisi Kurdi.

Hari ini menandai hari ketujuh dari serbuan militer Turki ke Suriah, bernama Operation Peace Spring, yang ketiga dan terbesar dari dua operasi sebelumnya ke Suriah utara. Tujuan operasi saat ini adalah untuk mendorong milisi Kurdi seperti Unit Perlindungan Rakyat dan Pasukan Demokrasi Suriah berhasil diusir dari perbatasan turki suriah. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: