alhamdulillah pada kesempatan kali ini, kita akanberjumpa kembali dalam rangka meningkatkan keilmuan kita terhadap agama Alloh .

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang hakikat mistik. Semoga melalui pembahasan ini, aqidah kita bertambah kuat dan kita semakin memahami hakikat mistik yang menimpa umat ini.

Fenomena maraknya dunia mistik di negeri ini semakin hari semakin parah diberbagai kalangan masyarakat. Bukan hanya pada rakyat biasa, pejabat pun banyak yang terlibat praktik lansung dalam dunia mistik, sihir, dan perdukunan. Budaya sowan pejabat ke mbah dukun dan paranormal seolah menjadi tradisi yang diminati banyak orang ketika ingin kariernya sukses. Berbagai testimoni pun dibuat untuk mengukuhkan dunia mistik dan perdukunan.

Meskipun manusia telah mengklaim memasuki era teknologi baru yang serba canggih, akan tetapi kegandrungan mereka terhadap dunia mistik tidak bisa dilepaskan. Bahkan, justru kemajuan teknologi digunakan sebagai sarana manusia untuk mencoba merambah dunia mistik.Wallohul musta’an…

 

Hakikat mistik adalah suatu fenomena yang lahir dari alam ghoib ke alam nyata. Hasil dari persekutuan antara manusia dengan setan melalui penyembahan atau peribadatan dengan ritual tertentu yang dilakukan oleh manusia.Yaitu para dukun, paranormal, dan yang sejenisnya.

Disinilah letak kesyirikan dari mistik. Penyembahan atau peribadatan yang dilakukan oleh sang dukun kepada setan, tidak terbatas hanya pada sembah sujud atau pemberian sesajen saja.Akan tetapi, bisa juga dengan melakukan ritual kesyirikan atau kekufuran lain. Seperti menginjak mushaf al-Qur’an, menulis ayat al-Qur’an dengan kotoran, menghina figur-figur Islam, dan lain sebagainya.

Jika kita menelisik lebih dalam tentang dunia mistik yang ada dalam realita, maka ada beberapa bentuk realita mistik yang kita dapati. Di antaranya adalah:

Pertama, Informasi dari pihak ghoib yaitu setan. Seperti ramalan dan yang sejenisnya.

Kedua, Hal-hal yang mempengaruhi pemikiran dan panca indra.Seperti pelet, hipnotis, dan pengadaan sesuatu tanpa asal muasal yang rasional.

Ketiga, Hal-hal yang menyebabkan kemudorotan tertentu dari penyakit sampai kematian. Seperti teluh, santet, tenung, dan yang sejenisnya.

Tidak mengherankan, jika saat ini tukang sihir kebanjiran tender dan proyek untuk tampil di media massa dengan dalih kupas tuntas dunia mistik. Terkadang Penampilan luar yang kelihatan islami dengan gamis, sorban, atau peci membuat orang awam mudah tertipu. Ditambah lagi plintiran ayat al-Qur’an yang diacak-acak seringkali menjadikan para penontonnya semakin yakin bahwa hal tersebut adalah islami. Sungguh, hal ini merupakan keterpurukan besar dinegeri yang penduduknya mayoritas muslim.

Padahal perkara ghoib adalah hak mutlak Alloh . Tidak ada satu makhlukpun yang mengetahui hal yang ghoib. Bisikan ghoib yang dikabarkan dalam tayangan-tayangan berbau mistik adalah kedustaan dan kepalsuan yang diada-adakan setan beserta konco-konconya.Hal ini sebagaimana firman Alloh di dalam al-Qur’an surat al-An’am ayat 59:

“Hanya di sisi Alloh-lah kunci-kunci semua yang ghoib. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia. Dia Alloh mengetahui apa saja yang di daratan dan di lautan.Tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Alloh mengetahuinya. Tidak ada sebutir biji pun yang jatuh ke dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu pun yang basah atau yang kering, melainkan semua itu telah tertulis di dalam Lauh Mahfudz.”

Ayat tersebut jelas sekali menerangkan bahwa Allohlah yang memiliki kunci-kunci perkara ghoib. Tidak ada satu makhlukpun yang bisa menerawang hal yang ghoib. Jadi, jelas sekali jika ada orang yang mengklaim mengetahui hal yang ghoib, maka tidak lain dia adalah pendusta. Mereka tidak mengabarkan perkara ghoib kecuali dari setan dan jin yang telah bersekutu dengan mereka di dalam kekufuran. Oleh karena itu, berhati-hati dan waspadalah.

Sadar atau tidak kita telah dikepung dengan dunia sihir dan mistik. Hitam dan pekatnya dunia klenik tersebut, benar-benar telah menembus dinding rumah-rumah kaum muslimin melewati media massa. Propaganda para tukang sihir mulai menggiring aqidah umat ini menuju dunia gelap dan sadis. Film dan cerita sihir yang berbau mistikpun menjadi suguhan utama diberbagai belahan dunia. Begitu juga majalah dan situs tentang dunia mistik semakin banyak digandrungi masyarakat.

Dukun dan paranormal mulai pasang iklan diberbagai media massa baik cetak maupun elektronik. Terkadang dengan dalih pengobatan alternatif, biro jodoh, dan lainnya para dukun serta peramal asyik menyesatkan manusia dari jalan Alloh melalui beragam praktek mistik yang dibungkus dengan atribut islami.

Ancaman dan bahaya besar fitnahduniamistikinibenar-benar nyata. Masyarakat berbondong-bondong dijaring memasuki agamamistik, sihir, dan perdukunan. Padahal Rosululloh  bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad :

مَنْ أَتَى عَرَّافاً أَوْ كَاهِناً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ، فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Barangsiapa yang mendatangi peramal atau tukang sihir kemudian membenarkan apa saja yang ia katakan, maka telah kufur dengan apa yang diturunkan terhadap Nabi Muhammad .”

Sejak dulu tukang ramal dan tukang sihir, selalu menjadi garda terdepan dalam mengusung dunia mistik. Mereka memanfaatkan masyarakat yang jahil agar lebih tersesat dari jalan Alloh. Tidak jarang mereka mengeruk kekayaan pasien, menodai kehormatan, bahkan membunuh sasaran sesuai dengan pesanan.

Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap perangkap dan jebakan dunia mistik di sekeliling kita. Jangan sampai tertipu dengan dukun-dukun palsu yang berkedok kyiai atau ustadz. Yakinlah bahwa perkara ghoib adalah milik Alloh. Semoga Alloh membentengi akidah kita dan umat Islam dari bahaya mistik.

Amin, Wallohu Ta’ala a’lam…

Oleh: Hawari, Lc., M.E.I.

Saudaraku….

Lihatlah secara seksama apa yang sedang terjadi disekitar kita.

Kedzoliman, kemaksiatan, dosa yang dianggap biasa, haram jadi halal, yang halal diharamkan.sunah dianggap bidah, bidah diangaap sunah. Yang salah jadi benar yang benar disalah-salahkan.

Inilah gelombang keterpurukan ruhani yang terus bergulir ditengah-tengah kita bak air bah yang tak bisa dibendung lagi. Oleh karena itu………

Sudah saat nya kita bergerak…..

Sudah waktunya kita bekerja…

Sudah saatnya kita berdakwah…

Mari bergabung bersama radio Fajri Bandung dalam Mega proyek dakwah melalui udara dengan cara mentransferkan sebagian harta Anda kepada kami melalui BANK MUAMALAT no rekening 146-000-1648 a / n PT RADIO SWARA CAKRAWALA SANGKURIANG

“Bersama Fajri Belajar Islam menjadi Mudah, Bersama Fajri Infak Anda Insya Alloh berkah dan terarah” ( Radio fajri 1458 am dan www.fajribandung.com )

%d blogger menyukai ini: