Sekitar 12.500 migran Afghanistan di Jerman akan direpatriasi atau dikembalikan ke negaranya meskipun perang sipil masih berkecamuk di negara asalnya.

Dilansir Deutsche Welle pada Kamis kemarin, yang mengutip dokumen pemerintah, Kementerian Dalam Negeri memperkirakan bahwa 5 persen dari hampir 247 ribu orang Afghanistan yang sudah sampai ke Jerman pada akhir September lalu kemungkinan akan harus pergi.

Pemerintah menjustifikasi kebijakan itu dengan mengatakan bahwa keamanan di kota-kota besar Afghanistan telah dijamin oleh pihak berwenang setempat.

Dokumen tersebut mengatakan Kantor Federal Urusan Migrasi dan Pengungsi atau BAMF akan menangani aplikasi suaka orang Afghanistan kasus per kasus, dengan mempertimbangkan resiko yang dihadapi oleh setiap pemohon.

Sebagian migran diperkirakan akan kembali ke negaranya atas kemauan sendiri, tetapi sisanya kemungkinan akan dipaksa. Dokumen tersebut merupakan jawaban dari pemerintah atas sebuah pertanyaan yang diajukan Partai Kiri.

Repatriasi paksa orang-orang Afghanistan merupakan isu panas di Jerman, di mana banyak orang meragukan apakah Afghanistan benar-benar aman sehingga para pendatang itu layak direpatriasi.

(Hidayatullah.com)

%d blogger menyukai ini: