Sekitar 20 ribu umat Muslim melakukan demonstrasi dan menyerukan eksekusi terhadap seorang pemuda Hindu di Distrik Bhola pada Ahad kemarin. Pemuda itu memancing kemarahan public setelah menuliskan kata-kata yang diduga memfitnah Nabi Muhammad lewat akun facebooknya.

Karena aksi itu, polisi setempat mengaku melepaskan tembakan setelah dilempari batu. Akibatnya, empat orang tewas dan hampir 50 lainnya luka-luka. Sementara itu, tujuh orang dalam kondisi kritis di rumah sakit. Kematian empat orang itu memicu protes hingga hari ini. Mereka protes agar petugas yang menembak mati segera diadili. Hal ini sebagaimana diungkapkan salah satu warga, Mahmudul Hasan kepada AFP di sebuah rapat umum di Ibu Kota Dhaka.

Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina menyerukan agar warga tenang dan menyebut akun Facebook pria itu diretas oleh seorang Muslim dan digunakan untuk menyebarkan kebohongan.

Diketahui, ini bukan pertama kalinya dugaan posting Facebook memicu konflik di negara tersebut. Pada tahun 2016, umat Muslim juga pernah marah karena ada salah satu pria Hindu juga diduga mengolok-olok salah satu situs paling suci umat Islam. islampos.com/admin

%d blogger menyukai ini: