Dewan Masjid Indonesia atau DMI mengeluarkan imbauan kepada masjid-masjid di daerah melakukan sholat istisqo. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari usaha meminta pertolongan dari Allah untuk menurunkan hujan.  Hal ini sebagaimana diungkapkan Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruquthni, kepada media hari kemarin.

Shalat istisqo, menurutnya, bukan hanya doa yang ditujukan untuk satu daerah saja. Doa ini dipanjatkan untuk seluruh wilayah di Indonesia yang kini sedang mengalami krisis air dan kekeringan serta menanti turunnya hujan.

Dia menyebut beberapa daerah sudah melakukan shalat istisqo ini. Di antaranya wilayah yang mengalami dampak kebakaran hutan dan lahan Riau dan wilayah lain seperti Bangka Belitung dan Pekalongan.

Imam mengaku tidak tahu secara pasti daerah mana saja yang sudah melakukan shalat istisqa. Karena menurutnya DMI bukanlah lembaga yang melakukan kontrol penuh atas kegiatan yang dilakukan setiap masjid di Indonesia. Meski demikian, dia berharap setiap daerah bisa melakukan shalat istisqo sebagai bentuk berserah dan meminta bantuan dari Allah subhanahu wata’ala.

Sebelumnya, DMI sudah mengeluarkan imbauan untuk melaksanakan shalat meminta hujan ini. Utamanya shalat istisqo dilakukan oleh pengurus rumah ibadah atau masjid. Menurutnya upaya tersebut sebagai salah satu langkah yang bisa dilakukan umat Muslim agar bencana Karhutla segera teratasi. Para pengurus juga diminta menjadikan masjid sebagai pusat singgah penampungan dan evakuasi kabut asap. (khazanah.republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: