Menteri Luar Negeri Indonesia Republik Indonesia Retno Marsudi memaparkan prioritas politik luar negeri Indonesia di masa pemerintahan kedua Joko Widodo. Salah satunya yakni penguatan diplomasi ekonomi dengan mengadakan menjadi pemain utama pada industri halal.

Retno juga menambahkan bahwa pada tahun 2020 mendatang, Indonesia akan menggelar Halal Summit 2020. Hal ini sebagaimana diungkapkan Retno kepada wartawan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa kemarin.

Hal itu dilakukan sebab Indonesia merupakan negara mayoritas Musilm terbesar di dunia. Sehingga, kata dia, Indonesia harus menjadi pemain utama dalam industri halal.

Dalam hal ini Indonesia akan makin memfokuskan pada sektor di mana Indonesia memiliki nilai tambah. Salah satunya dengan mengembangkan ekosistem dan kebijakan yang mendukung perkembangan industri-industri pengolahan sumber daya alam.

Langkah-langkah ini juga dinilai penting dilakukan untuk memastikan produk unggulan yang berorientasi ekspor dapat terus didorong. Di saat yang sama, ekspansi peran perusahaan-perusahaan Indonesia di luar negeri juga dapat difasilitasi.

Retno juga telah mengajak Maroko melalui Menlunya Nasser Bourita yang mengunjungi Indonesia Senin kemarin untuk berpartisipasi dalam Halal Summit 2020.

https://khazanah.republika

%d blogger menyukai ini: