Tahun 2019 terasa istimewa bagi dunia tilawatil Quran Indonesia. Pasalnya, banyak qori-qoriah Indonesia yang meraih prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran, bahkan hingga level internasional. Hal ini sebagaimana disebutkan  Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama , Juraidi di Jakarta.

Juraidi yang juga menjabat sebagai Sekum Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran Nasional menyebut, sepanjang 2019 ada lima qori Indonesia yang meraih juara 1 di MTQ yang digelar di berbagai negara. Diantaranya adalah lomba yang diadakan di Qatar, Iran, Bahrain, Turki,  dan Maroko.

Selain itu, dua qari meraih juara 2, di Kuwait, dan di Malaysia. Dua qori lainnya meraih juara 3, di Iran. Kepada para juara, Kemenag memberikan penghargaan berupa dana pembinaan. Untuk juara I MTQ Internasional sebesar Rp 25juta, juara II Rp 20juta, dan juara III Rp 15juta.

Kemenag sendiri juga terus melakukan pembinaan untuk meningkatan kualitas pelaksanaan MTQ.  Melalui LPTQ, pusat dan daerah, Kemenag juga melakukan pembinaan secara langsung kepada qori-qoriah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah dan keahlian bidang-bidang lainnya tentang Alquran. (khazanah.republika.co.id/admiN)

%d blogger menyukai ini: