Image result for Israel Padamkan Listrik di Sejumlah Wilayah Tepi Barat

Perusahaan listrik nasional Israel mengatakan, telah mulai mengurangi pasokan listrik ke sejumlah wilayah Palestina di Tepi Barat yang diduduki karena adanya masalah keuangan pada ahad kemarin. Hal tersebut dilakukan dalam langkah yang meningkatkan krisis kemanusiaan.

Israel Electric Co. mengatakan mengambil langkah itu karena Jerusalem District Electricity Co. sebagai distributor listrik utama Palestina memiliki tunggakan utang yang membengkak sekitar 485 juta dolar Amerika. Seorang pejabat distributor listrik Palestina, Ali Hamodeh mengatakan, listrik diperkirakan akan mati selama dua jam setiap hari di beberapa kota Palestina dalam beberapa pekan mendatang.

Warga Palestina mengandalkan Israel untuk hampir semua pasokan listrik sehingga pemadaman listrik akan menyebabkan runtuhnya layanan dasar di wilayah Palestina yang diduduki. Sementara Warga Gaza telah lama menderita kekurangan listrik dan mengalami pemadaman yang kritis.

Oleh karena harga minyak tinggi, warga Gaza berada dalam situasi yang mengerikan.  Ratusan orang telah terlibat dalam protes terhadap Israel dan Otoritas Palestina. Hal itu terjadi karena hanya tiga jam listrik yang tersedia per hari. PBB pun telah memperingatkan setengah dari populasi Gaza membutuhkan bantuan kemanusiaan.

sumber: international

%d blogger menyukai ini: