Sejumlah anggota Taliban, yang ditahan oleh pemerintah Afghanistan, dikabarkan dibebaskan pada Senin kemarin. Kabar ini beredar setelah delegasi Taliban bertemu utusan khusus Amerika untuk Afghanistan Zalmy Khalilzad di Pakistan.

Kantor berita Associated Press menyebutkan sejumlah sumber anonim pejabat Taliban mengatakan bahwa di antara tahanan yang dibebaskan itu terdapat komandan penting.

Para sumber Taliban itu tidak mengungkapkan bagaimana dan mengapa orang-orang ini dibebaskan atau berapa banyak yang dibebaskan. Pemerintah Kabul juga belum memberi keterangan saat dikonfirmasi.

Pada Sabtu, delegasi Taliban bertemu Khalilzad di ibu kota Pakistan, Islamabad. Ini merupakan pertemuan pertama kedua pihak sejak Presiden Donald Tramp membatalkan negosiasi dengan Taliban di detik-detik terakhir.

Pada 7 September, Tramp mengumumkan penghentian perundingan dengan Taliban, yang telah membuat kemajuan signifikan baru-baru ini, setelah serangan di Afghanistan yang menyebabkan korban Amerika.

Taliban, yang meningkatkan serangan setelah perundingan macet, mengendalikan sekitar setengah wilayah Afghanistan. Kelompok itu memiliki pengaruh luas di daerah-daerah di luar kendali mereka. (kiblat.admin)

 

%d blogger menyukai ini: