Kapal tempur Israel pada rabu pagi, menembaki perahu nelayan Palestina di laut Khan Yunis, Gaza Selatan. Koresponden kantor berita Shafa melaporkan penembakan dilakukan kapal tempur Israel pada pagi buta menyasar perahu-perahu nelayan di kawasan yang diijinkan untuk melaut, sehingga memaksa mereka meninggalkan kawasan, khawatir atas keselamatan diri mereka.

Meski sudah disepakati perluasan lokasi melaut bagi para nelayan di Gaza mencapai 15 kilometer, namun kapal-kapal tempur Israel terus memburu perahu-perahu nelayan Palestina, dan berupaya merusaknya agar para nelayan tak bisa melaut.

Sejak tahun 2006 pasca hengkangnya Israel dari Gaza, dan suksesnya Hamas meraih mayoritas kursi parlemen Palestina, Israel menerapkan blokade Gaza dari semua sudut, darat, laut dan udara.

Blokade yang diberlakukan Israel terhadap Gaza memicu krisis kemanusiaan di berbagai sector kehidupan, dan meningkatkan kemiskinan dan pengangguran. Warga Palestina di Gaza bergantung pada bantuan kemanusiaan internasional. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk mencabut blokade Gaza namun belum membuahkan hasil. (palinfo.com/admin)

%d blogger menyukai ini: