Ketua Umum Badan Kerja sama Pondok Pesantren Indonesia atau BKS-PPI, Kyai Haji Didin Hafiduddin mengungkapkan, saat ini perkembangan dunia pendidikan di pondok pesantren meningkat luar biasa.

Ia melihat kondisi sekarang tidak seperti 10 atau 20 tahun lalu. Dahulu biasanya orang masuk pesantren itu setelah tidak diterima dimana-mana, tidak diterima di sekolah favorit akhirnya masuk pesantren. Atau menurutnya juga, jika ada anak-anak yang nakal biasanya di masukkan ke pesantren. Tetapi sekarang tidak, pesantren menjadi pilihan utama.

Bahkan, kata Kiai Didin, saat ini ada juga yang akan masuk pondok pesantren harus waiting list, menunggu dahulu, karena terlalu banyak yang daftar.

Perkembangan tersebut, menurutnya karena masyarakat sudah semakin sadar, bahwa pendidikan yang menekankan pada aspek ilmu pengetahuan saja tidak cukup dan tidak menyelesaikan masalah.

Ia menjelaskan, kenapa banyak perilaku-perilaku yang buruk pada sebagian pelajar, itu karena jauh dari agama. Dia diberi ilmu pengetahuan tetapi keimanannya tidak diperbaiki, gaya hidupnya tidak diperbaiki.

Karena itulah, menurutnya, saat ini pondok pesantren menjadi pilihan utama bagi sebagian umat Islam. Dengan harapan, munculnya generasi-generasi yang kuat agamanya dan pintar ilmu pengetahuannya. (suaraislam.adm)

%d blogger menyukai ini: