Komunitas Yaman di Indonesia melakukan aksi memprotes tindakan sepihak Uni Emirat Arab di Yaman. Mereka menggelar aksi di Kedutaan Besar Yaman untuk Indonesia, Jumat kemarin.

Komunitas tersebut terdiri dari warga negara teluk di negeri Yaman, mulai penduduk, pelajar, hingga pengusaha yang berdomisili di Indonesia.

Salah satu bunyi pertanyaan mereka adalah menyesalkan dan mengecam semua aksi pelanggaran atas hak asasi warga negaranya oleh Uni Emirat Arab.

Komunitas Yaman di Indonesia mengecam dan mengutuk keras penyerangan kepada pasukan tentara nasional Yaman yang sah dan mengakibatkan jatuhnya korban setidaknya 300 jiwa.

Warga Yaman menolak proyek pendudukan Uni Emirat Arab di tanah air mereka dan upaya memecah belah keutuhan bangsa dan negara.

Komunitas Yaman di Indonesia pun menyerukan peran aktif Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Dewan Keamanan Internasional atas dugaan pelanggaran HAM Internasional oleh Uni Emirat Arab.

Diketahui sebelumnya, pesawat-pesawat tempur Uni Emirat Arab melakukan serangan udara terhadap pasukan pemerintah Yaman. Serangan tersebut membunuh dan melukai puluhan orang ketika mereka merebut kembali kota pelabuhan kunci selatan Aden.

Dalam sebuah pernyataan langka, Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi mengutuk Uni Emirat Arab. Ia juga mengulangi seruannya agar Arab Saudi turun tangan guna menghentikan tindakan Uni Emirat Arab mendukung kelompok milisi bersenjata yang melancarkan serangan udara terhadap tentara Yaman.

%d blogger menyukai ini: