Pemerintah India membuka kembali jaringan internet di Kashmir, setelah lima bulan ditangguhkan. Jaringan internet di semua rumah sakit yang dikelola pemerintah dan layanan jaringan telepon seluler telah dipulihkan mulai tengah malam rabu kemarin

Juru bicara pemerintah Rohit Kansal mengatakan pada konferensi pers di Jammu bahwa jaringan internet akan kembali normal untuk fasilitas terbatas. Fasilitas yang mendapatkan kembali jaringan internet yakni mencakup semua rumah sakit yang dikelola pemerintah. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kansal dilansir Anadolu Agency, Kamis kemarin.

Pemerintah India memblokade jaringan internet dan telekomunikasi ketika status istimewa Jammu dan Kashmir dicabut pada 5 Agustus. Penangguhan jaringan komunikasi itu merupakan yang terlama di dunia.

Layanan SMS secara singkat dipulihkan bersama dengan ponsel pascabayar pada 14 Oktober tetapi ditutup setelah beberapa jam kemudian. Pemerintah mengatakan, penutupan dilakukan karena layanan telekomunikasi tersebut telah disalahgunakan untuk kegiatan subversif.

Pemerintah telah membuka kios internet di beberapa kantor, sehingga siswa dapat menyerahkan formulir pendaftaran dan orang-orang dapat memesan tiket. Kansal mengatakan, pemerintah mendirikan fasilitas internet di 900 titik yang dapat diakses oleh warga Kashmir.

https://internasional.republika.co.id/

%d blogger menyukai ini: