Sebuah ledakan keras mengguncang ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Senin kemarin. Ledakan tersebut menargetkan Zona Hijau, sebuah kompleks besar di sebelah timur kota yang digunakan oleh beberapa organisasi internasional dan wisma tamu.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Nasrat Rahmi membenarkan bahwa kompleks tersebut menjadi sasaran ledakan. Pejabat kementerian dalam negeri lainnya, Bahar Maher, mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan oleh bom mobil.

Tidak ada klaim tanggung jawab atau informasi mengenai korban. Ledakan itu terjadi ketika utusan Amerika Zalmay Khalilzad mengunjungi Kabul untuk memberi pengarahan kepada Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani tentang rancangan perjanjian perdamaian yang dicapai dengan Taliban.

Zona Hijau sering menjadi sasaran serangan. Banyak orang asing tinggal di kompleks itu, yang dijaga ketat oleh pasukan Afghanistan dan penjaga keamanan swasta.

Kompleks itu juga menjadi sasaran bom mobil pada Januari lalu yang menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai sejumlah orang.  Sebelumnya pada Senin, Khalilzad menunjukkan rancangan Amerika-Taliban kepada presiden Afghanistan setelah menyatakan bahwa mereka berada di ambang kesepakatan. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: