Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad hari Rabu kemarin menerima kunjungan kehormatan dari beberapa pemimpin Gerakan Perlawanan Islam atau Hamas yang dipimpin oleh Ismail Haniyya, di Putrajaya. Dalam pertemuan di Kantor Perdana Menteri, Haniyya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Mahathir karena membawa ide baru ke dunia Islam melalui penyelenggaraan KTT Kuala Lumpur, bulan lalu.

Ismail juga menyampaikan penghargaan atas upaya dan dukungan Mahathir dan Malaysia yang berkelanjutan kepada perjuangan Palestina. Menurut pemimpin Hamas, Malaysia memiliki posisi yang sangat istimewa di dunia Islam.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas beberapa perkembangan terakhir dan nasib Palestina. Hal ini sebagaimana diungkap twitter resmi perdana menteri.

Kelompok itu juga bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Muhyiddin Yassin, Menteri Pertahanan, dan para pemimpin oposisi. Dilaporkan bahwa mereka telah membahas nasib rakyat Palestina di Jalur Gaza dan merencanakan hubungan bilateral aktif antara pemerintah Malaysia dan Palestina, dengan fokus membangun hubungan dengan Hamas pada khususnya.

Mahathir dikenal karena kelantangannya membela Palestina, termasuk mengkritik keputusan Amerika serikat yang pro Israel. Mahathir juga dengan lantang mengecam Zionis-’Israel’ di forum PBB bulan September lalu. Perdana Menteri juga menekankan perlunya strategi komprehensif untuk memperkuat perjuangan Palestina.

https://www.hidayatullah.com/

%d blogger menyukai ini: