Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin berharap Pemerintah Republik Rakyat China agar memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia Muslim Uighur di Xinjiang, China. Wapres pun menegaskan sikap Pemerintah RI untuk menjunjung prinsip perlindungan HAM, khususnya terhadap etnis Muslim Uighur yang banyak dilaporkan mendapat perlakuan diskriminatif oleh China. Ia menegaskan, Pemerintah Indonesia konsisten soal perlindungan hak asasi manusia. Hal ini sebagaimana ditegaskan Ma’ruf amin di Kantor Wapres Jakarta, Selasa kemarin.

Wapres meminta China agar membuka akses informasi terkait krisis kemanusiaan terhadap etnis ia menyatakan China sudah memberikan alasannya bahwa kamp-kamp mereka bukan untuk indoktrinasi tapi semacam pelatihan. Maka ma’ruf meminta cina lebih terbuka untuk membuktikan klaim cina.

Terkait pemberitaan media asing yang menuding adanya ormas Islam Indonesia “disuap” oleh China agar tidak terlalu kritis menyikapi Uighur, Wapres mengatakan tudingan tersebut telah dibantah oleh ormas-ormas Islam. Hidayatulloh.com/admin)

%d blogger menyukai ini: