Menteri pada Kantor Perdana Menteri Kamboja, Oknha Datuk Othman Hassan mengatakan, pemerintah Kamboja mendukung penuh umat Islam untuk mengembangkan industri halal di negaranya. Apalagi, pertumbuhan umat Islam di Kamboja semakin meningkat setiap tahunnya.  Hal ini diungkapkan Othman saat ditanya media  usai memberikan kuliah umum di Ruang Serbaguna Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis kemarin.

Othman mengatakan, pihaknya juga sudah berkunjung ke beberapa negara untuk mendukung pertumbuhan industri halal tersebut. Bahkan, kata dia, umat Islam dan non muslim di Kamboja saling bekerja sama untuk mengembangkan industri halal.

Menurutnya, dalam mengembangkan industri halal di Kamboja sangat penting untuk menjalin kerja sama dengan banyak negara. Diantaranya adalah kerja sama dengan Al-Azhar Indonesia, sehingga Kamboja bisa dipercaya dalam mengelola industri halal.

Dia menambahkan, umat Islam di Kamboja saat ini sudah semakin maju. Karena itu, kedepannya Kamboja juga akan mengembangkan wisata halal, walaupun saat ini hal itu masih belum dilakukan.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Asep Saefudin mengatakan, kedepannya pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Kamboja dalam melakukan riset di bidang halal.

Selain itu, tambah dia, pihaknya sudah membicarakan beberapa bentuk kerja sama dengan Kamboja, salah satunya kerja sama di bidang pendidikan. Menurut dia, pihaknya sudah meminta kepada Othman untuk mengirimkan mahasiswa Kamboja agar bisa kuliah di Al-Azhar Indonesia. (republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: