Menteri pertahanan Amerika, Esper mengatakan bahwa negaranya akan melanjutkan operasi militer melawan Taliban sampai mencapai kesepakatan. Ia juga memuji peran pasukan Afghanistan dalam menghadapi Taliban. Hal ini diungkapkan Esper pada hari senin kemarin ,dalam konferensi pers bersama dengan koleganya dari Afghanistan Assadullah Khalid dan Menteri Dalam Negeri Afghanistan Masood Andrabi.

Taliban merespon pernyataan itu pada Selasa kemarin dengan menegaskan bahwa gerakannya tetap menempuh jalan pertempuran sampai tentara asing di Afghanistan habis. Taliban menyatakan telah meraih kemajuan dalam pertempuran setiap hari.

Pernyataan itu melanjutkan bahwa selama 18 tahun terakhir kekuatan global tidak dapat mematahkan kekuatan Taliban.  Dalam pernyataannya juga disebutkan bahwa Bumi Afghanistan adalah milik rakyat Afghanistan. Mereka berhak mendirikan pemerintahan Islam di tanah mereka sendiri.

Pernyataan itu juga ditujukan kepada para pejabat di pemerintah Afghanistan. Taliban mengatakan semakin banyak pejabat pemerintah Afghanistan tetap berada di bawah pemerintahan Amerika, semakin besar kesenjangan antara mereka dan rakyat. kiblat.net/admin

%d blogger menyukai ini: