Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas menuturkan Kongres Umat Islam ketujuh 2020 harus menyadarkan umat Islam tentang titik lemah umat Islam saat ini. Kongres tersebut juga harus menentukan arah tujuan umat Islam. Ia juga menambahkan bahwa islam harus bisa mewarnai kehidupan politik dengan nilai-nilai agama. Karena menurutnya Agama adalah nilai yang luhur sehingga tidak boleh terjadi pembunuhan karakter karena agama. Hal ini sebagaimana diungkapkan Anwar Abbas kepada media di kantor MUI rabu kemarin.

Menurut Anwar, politik hendaknya menggunakan etika dan adab. Tapi saat ini politik digunakan untuk membunuh karakter orang dengan isu dan menyebar fitnah. Anwar menambahkan, Kongres yang akan digelar pada Februari mendatang itu harus bisa menyadarkan bangsa Indonesia terhadap ketuhanan dan keimanan.

Selain itu Anwar juga menyoroti tentang ukhuwah. Ukhuwah islamiyah, menurutnya, yang selama ini sering disuarakan belum sampai pada tataran praktik. Dia mengatakan ukhuwah tersebut masih sebatas di bibir.

https://khazanah.republika.co.id

%d blogger menyukai ini: