Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Muhyiddin Junaidi meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi yang akan menyertifikasi auditor halal ekonomi syariah. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Muhyiddin di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Kamis kemarin.

Dia mengatakan Lembaga sertifikasi profesi  itu merupakan penggabungan dari dua unsur sertifikasi di MUI, yaitu Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika  serta Dewan Syariah Nasional. Dua Lembaga sertifikasi tersebut sebelumnya melakukan uji kompetensi untuk jejaringnya masing-masing.

Sementara di bidang penjaminan produk halal, tidak hanya untuk auditor dan penyedia halal tetapi juga koki halal, pemandu wisata halal, dan pembimbing umroh. Muhyiddin mengatakan Lembaga sertifikasi profesi halal MUI tersebut dibentuk untuk merespons undang-Undang tentang Jaminan Produk Halal.

Selain itu, Muhyiddin menjelaskan bahwa dengan adanya tuntutan di bidang ekonomi syariah, MUI harus membentuk Lembaga sertifikasi profesi yang berujung pada penggabungan LPPOM dan Dewan Syariah Nasional, sehingga fokus untuk sertifikasi profesi di bidang industri halal dan ekonomi syariah. (republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: