Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hamdan Rasyid mengatakan, warga negara Indonesia di China dikhawatirkan terpapar virus Corona. Namun dia menyebut, WNI di China boleh dipulangkan ke Indonesia untuk evakuasi, meskipun ada kekhawatiran mereka telah terpapar. Hal ini diungkapkan Hamdan Rasyid ketika dikonfirmasi Republika, Kamis kemarin.

Ia tak menampik, memang ada Hadis Shahih yang menyebut, bahwa ketika ada penyakit yang menyebar, maka penduduk kota tidak boleh keluar atau sebaliknya. Menurut Hamdan, Berdasarkan hadis itu ia berpendapat bahwa WNI yang tinggal di Wuhan boleh dipulangkan ke Tanah Air, dengan syarat tetap harus dikarantina.

Ia melanjutkan, jika memang sudah diperiksa secara intensif dan dipastikan negatif terpapar virus Corona, masa karantina boleh dihentikan. Para WNI itu pun bisa kembali ke tengah-tengah masyarakat. Hamdan juga mengimbau agar WNI bisa menjaga diri dengan tetap waspada terkait virus tersebut.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agung Danarto juga tak menampik adanya kandungan tertentu dalam hadis yang dimaksud. Namun demikian, ia menyatakan bahwa kondisi saat ini telah terdapat sistem karantina. Sehingga hal tersebut memungkinkan bagi orang yang bersangkutan untuk tidak menularkan penyakit kepada yang lain. (khazanah,republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: