Jutaan hektare lahan di Australia terdampak kebakaran. Puluhan orang meninggal setelah kebakaran hutan melanda Negeri Kanguru tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Bencana ini menarik perhatian sebuah kelompok Muslim di sana untuk mengulurkan bantuan bagi mereka yang terkena dampak kebakaran. Selama akhir pekan lalu, sukarelawan wanita muslim di Australian Islamik Sosaiti dari Newport, Victoria, membagikan sarapan bagi para petugas pemadam kebakaran. Mereka memasak makanan bagi 150 petugas pemadam kebakaran di Brigade Relawan Kebakaran Johnsonville.

Hanya dalam 48 jam, para muslimah itu mampu memasok lima truk persediaan bantuan, meraih dana sebesar 1.500 dolar, dan menyelenggarakan pembagian sarapan bagi para petugas pemadam kebakaran. Mereka merasa simpati terhadap para petugas yang tanpa lelah berusaha memadamkan api yang muncul di East Gippsland.

Kebakaran hutan di seluruh East Gippsland telah menyebabkan ratusan rumah terbakar, dan banyak yang terlantar akibat bencana ini. Wilayah-wilayah yang paling terkena dampak termasuk New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan. Api dilaporkan telah membakar area tersebut kira-kira seluas Kroasia. Kebakaran besar diperkirakan akan berlangsung hingga setidaknya Maret mendatang. (republika.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: