Islamabad, Pakistan – Departemen Dalam Negeri Pakistan, mengumumkan penangkapan dua kerabat pemimpin kelompok jihadis Jaish-e-Muhammad atau JM, Mas’ud Adzhar. Penangkapan ini bagian dari kampanye penangkapan pemerintah Islamabad menargetkan kelompok-kelompok yang dianggap ekstremis.

Melalui pernyataan jubirnya, Departemen Dalam Negeri Pakistan mengatakan bahwa pihaknya menangkap 44 orang yang diduga terkait dengan sejumlah kelompok-kelompok “ekstremis”. Mereka ditempatkan di tahanan preventif.

Dua dari mereka adalah kerabat Mas’ud Adzhar, yaitu Abdurrouf dan Hamad Adzhar.

Kampanye penangkapan ini terjadi setelah Pakistan mendapat tekanan internasional untuk mengatasi kelompok-kelompok yang melancarkan serangan terhadap India, termasuk JM. Tekanan itu menyusul saling bergantian meluncurkan serangan udara antara Pakistan dan India.

Islamabad dan New Delhi tegang pasca serangan mematikan yang menewaskan 40 pasukan khusus India di Kahsmir di bagian India. JM bertanggung jawab atas serangan tersebut.

JM merupakan kelompok jihadis di Kahsmir untuk melawan pemerintah India. Sebelum mendirikan JM, Mas’ud Adzhar disebut-sebut mendapat pelatihan militer dari Taliban Afghanistan. Latar belakang berdirinya kelompok ini untuk melawan penindasan dan diskriminasi terhadap warga muslim di Kashmir di wilayah India. (kiblat/admin)

%d blogger menyukai ini: