Palestina menyerukan Dewan Liga Arab segera menggelar pertemuan darurat. Hal itu untuk membahas perubahan sikap Amerika Serikat yang tak lagi memandang  permukiman Israel di wilayah Palestina sebagai tindakan illegal.  Hal ini sebagaimana ditulis kantor berita Palestina WAFA dalam laporannya pada Selasa kemarin.

Liga Arab dilaporkan telah setuju untuk mengadakan pertemuan. Namun waktu atau tanggal pelaksanaannya belum diputuskan. Sekretaris Jenderal Liga Arab Aboul-Gheit telah mengutuk sikap Amerika yang tak lagi menganggap permukiman Israel di wilayah Palestina ilegal. Menurutnya, hal itu berisiko memicu perkembangan negatif.

Salah satunya adalah meningkatnya aksi kekerasan para pemukim Israel terhadap warga Palestina. Situasi tersebut akan membuat prospek perdamaian dan solusi dua negara semakin buram.

Namun Israel menyambut perubahan sikap Washington mengenai permukimannya. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut dukungan baik Amerika kepada Israel. Menurutnya memang tidak ada perselisihan tentang hak orang Yahudi atas tanah yudea dan samaria. Istilah yang biasa digunakan orang yahudi untuk menyebut tepi barat yang dijajah.

https://internasional.republika.co.id

%d blogger menyukai ini: