Oposisi Suriah HTS melancarkan serangan baru di pedesaan tenggara provinsi Idlib pada Sabtu kemarin dalam upaya untuk merebut beberapa situs di dekat Bandara Abu Dhuhour, idlib.

Menurut laporan lapangan dari Idlib tenggara, pejuang  Hai’ah Tahrir Syam atau HTS dan sekutu mereka merebut empat kota dari tentara rezim Nushairiyah Suriah pimpinan Bashar Asad . HTS dan sekutu mereka berhasil merebut kota Aajaz bersama dengan kota-kota di sekitarnya.

Sementara itu, Front Pembebasan Nasional, kelompok oposisi yang lain telah menyerang pasukan rezim di dekat kota Tal Dam di timur kota Idlib, membunuh enam tentara, sementara tujuh lainnya tewas di dekat kota Sanjar.

Pejuang di Latakia juga berhasil menggagalkan empat upaya serangan oleh pasukan rezim dan milisi Syiah di puncak bukit Kabana, menewaskan 18 tentara dan menghancurkan dua tank.

Tentara rezim telah berupaya mendorong pejuang Suriah untuk mengambil wilayah strategis yang terletak antara Idlib dan provinsi Latakia, tapi gagal dilakukan.

Bashar Asad, yang kini menguasai sekitar 60 persen negara itu, telah bersumpah untuk merebut kembali sisanya, termasuk Idlib dan kantong kecil di Latakia. Pejuang Suriah termasuk dari faksi Jihadi, telah menewaskan lebih dari 130 ribu pasukan pro-rezim sejak konflik bersenjata meletus delapan tahun lalu. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: