Amerika Serikat dan Turki, Ahad kemarin memulai patroli gabungan di daerah Tal Abyad, Suriah utara, dekat dengan perbatasan Turki. Patroli ini bagian dari pelaksanaan perjanjian Amerika serikat dan turki  tentang pembentukan Zona Aman di wilayah Suriah dekat perbatasan Turki yang dikontrol milisi Kurdi suriah

Kantor berita media  melaporkan, setidaknya enam kendaraan lapis baja Turki memasuki wilayah Suriah untuk bergabung dengan kendaraan lapis baja Amerika Serikat. Perjanjian itu bertujuan untuk membangun Zona Aman yang memisahkan daerah kontrol Unit Perlindungan Rakyat Kurdi  dan perbatasan Turki.

Perjanjian itu tercapai setelah Ankara meningkatkan ancaman serangan terhadap milisi Kurdi, yang masuk dalam daftar organisasi teroris di Turki.

Setelah pembicaraan intensif, dicapai kesepakatan antara Ankara dan Washington untuk mendukung Pasukan Demokratik Suriah.Sepuluh hari yang lalu, pemerintahan otonomi Kurdi mengumumkan dimulainya penarikan pasukan unit Kurdi dari daerah perbatasan Tel Abyad dan Ras al-Ain, serta penarikan senjata berat.

Dalam implementasi ketentuan-ketentuan perjanjian, Pusat Operasi Gabungan Turki-Amerika akan dibentuk untuk mengoordinasikan cara membangun Zona Aman. (kiblat.net/admin)

%d blogger menyukai ini: