Salah seorang Muslim Australia turut menunjukkan kepeduliannya terhadap korban kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh  Ketua PKS Malaysia Ali Sophian. Muslim Australia tersebut merupakan bagian dari para dermawan yang turut menyumbang untuk korban karhutla. Donasi itu digalang oleh Partai Keadilan Sejahtera di negara-negara Asia Pasifik.

Ali mengatakan, dana yang terkumpul dari penggalangan tersebut berjumlah lebih dari 150 juta rupiah. Selain itu, juga diperoleh 70 tabung oksigen. Sumbangan itu tidak hanya berasal dari kader dan simpatisan, namun juga warga negara lokal yang mempercayakannya kepada PKS. Di Australia misalnya, seorang Muslim warga Australia memberikan bantuan sejumlah seribu dolar Australia. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ali kepada media kamis kemarin.

Selain di Australia, warga masyarakat di Taiwan juga turut unjuk kepedulian terhadap korban karhutla di Indonesia. Di Taiwan, kader PKS mengadakan gerakan untuk mendorong setiap kader berdonasi.

Sementara di Malaysia, para TKI pun tidak kalah sigapnya, mereka tergerak dan ingin membantu saudara mereka di tanah air dengan memberikan donasinya.

Ketua PKS Jepang, Endriyanto menyatakan, setelah televisi Indonesia menayangkan wawancara para warga yang mendapatkan bantuan dari posko pengungsi dan posko kesehatan yang dibuat oleh PKS Riau, PKS Jepang membuka penggalangan dana mulai tanggal 18 hingga tanggal 30 September 2019. Ketua PKS Jepang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana ini.

Ratusan juta rupiah bantuan itu dikumpulkan kader, simpatisan PKS, dan masyarakat di negara-negara Asia Pasifik, termasuk Australia, Jepang, Taiwan, Brunei, Korea Selatan, China, dan Malaysia. (hidayatulloh.admin)

 

%d blogger menyukai ini: