Direktur Mualaf Center Baznas atau MCB, Salahuddin El Ayyubi, mengatakan masyarakat suku Baduy yang memeluk Islam semakin berkembang di Banten. Hal ini tak terlepas dari peran para dai yang ditempatkan Baznas untuk menyampaikan pesan Islam ke masyarakat suku Baduy. Hal ini sebagaimana diungkapkan Salahuddin kepada media ahad kemarin.

Kendati demikian, menurut dia, para dai MCB di sana belum bisa memastikan berapa jumlah masyarakat Baduy yang telah menjadi mualaf. Karena itu, MCB berencana melakukan survei untuk mengetahui jumlah mualaf suku Baduy.

Dia menjelaskan, dalam mendakwahkan Islam di kalangan suku Baduy, para dai MCB menggunakan pendekatan secara perlahan dengan cara memberikan mauidzhoh hasanah. Karena, menurut dia, masyarakat Baduy adalah masyarakat yang masih kental dengan adat istiadat dan banyak melakukan hal-hal yang terkait kepercayaan nenek moyang mereka.

Selain itu, tambah dia, dai MCB juga membuat program pengajian harian mingguan dan bulanan untuk masyarakat Baduy yang berisi materi keimanan dan syariat agama Islam. Serta mengadakan program sosial yang menunjang dakwah di tengah masyarakat Baduy. (khazanah.republikas.co.id/admin)

%d blogger menyukai ini: