الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

kali ini kita akan menulis artikel tentang  tema Pentingnya Al-Quran Bagi Muslimah. semoga bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Kitab suci Al-Quran merupakan mukjizat Rosulullah hal ini terbukti bahwa Al-Quran tidak pernah lekang oleh waktu. Selama 14 abad lebih keberadaan Al-Quran tak satu pun huruf di dalamnya berubah. Ribuan bahkan jutaan umat islam menghafal dan memelihara bacaan-bacaan Al-Quran dalam hati mereka. Al-Quran juga berisi fakta-fakta ilmiah menakjubkan yang kebenarannya terbukti di kemudian hari. Dan Allah berjanji untuk melindungi dan menjaga kemurnian Al-Quran sebagaimana firman-Nya dalam quran surat Al-Hijr ayat 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

 

Ayat-ayat Al-Quran ditulis dalam bahasa yang indah. Lebih dari itu salah satu bukti keajaiban Al-Quran adalah mampu mengubah gaya hidup seseorang kebiasaan peribadahan hubungannya dengan orang lain dan kehidupan spritualnya.

Adapun dalam kaitannya dengan kaum muslimah adalah Al-Quran memberikan pengaruh yang besar khususnya adalah untuk lebih menguatkan keimanan dalam mengesakan Allah sehingga mereka terhindar dari perbuatan syirik.

Alloh berfirman dalam Qur’an surat an Nisa ayat 36

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.”

 

Seorang Muslimah yang senantiasa membaca Al-Quran ia tidak mudah silau dengan gemerlapnya dunia padahal sudah menjadi kecenderungan kaum hawa menyukai harta benda perhiasan bagus/ pakaian indah dan barang-barang mewah lainnya dan kadang ia sangat khawatir dengan penampilan fisiknya sehingga bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mempercantik dirinya. Hal-hal semacam itu akan membuat tergelincir menjadi pecinta dunia dan tidak menempatkan cinta kepada Allah sebagai cinta yang utama. Semuanya itu tidak akan terjadi jika perempuan membaca dan mepelajari Al-Quran.

Selain itu, Al-Quran juga menjadikan seorang muslimah terjaga kebersihan dan kesucian dirinya yang akan berdampak pada kehidupan sehari-harinya. Sehingga seorang muslimah yang selalu membaca Al-Quran akan menghindari kehidupan di luar batasan syariat menghindari pamer kemewahan menghindari gaya hidup boros dan sangat peduli untuk menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya. seperti firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 222

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

 

Pengetahuan terhadap isi Al-Quran juga dapat menjaga seorang muslimah dari kebiasaan menggunakan waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan kegiatan tidak berguna.

Seorang muslimah yang senantiasa membaca Al-Quran akan sangat paham bahwa waktu sangat berharga dan harus diisi dengan aktivitas yang bernilai pahala. Inilah salah satu kehebatan Al-Quran dalam menyelamatkan kaum muslimah dari berbagai penyakit sosial.

Seorang muslimah yang memiliki pengetahuan tentang Al-Quran akan menyebarkan pengetahuannya itu pada orang lain kepada keluarga dan masyarakat sekitar melalui interaksi sesuai syariat yang terkandung dalam Al-Quran ia akan menjadi pelopor dalam terbentuknya masyarakat yang islami.

Seorang muslimah yang senantiasa akrab dengan Al-Quran ia akan mengamalkan adab muslimah yang diperintahkan Alloh dalam Al-Quran diantaranya ia akan memilih pakaian syar’i untuk dirinya/ ia pun akan memperhatikan adab dalam pergaulan sehari-hari/ dan ia akan menunaikan adab kepada Alloh dan Rosul-Nya.

Hal ini sebagaimana firman Alloh dalam quran surat Al-Ahzab ayat 33 yang artinya

“Dan hendaklah kalian tetap di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat tunaikanlah zakat serta taatilah Allah dan Rasul-Nya.” 

 

Pengetahuan terhadap isi Al-Quran membuat seorang muslimah semakin meningkat ketaqwaannya kepada Allah Ketaqwaan inilah yang mendasari hubungan antar sesama ia menjadi lebih sabar toleran memahami kekurangan orang lain dan bersikap lebih baik dibandingkan mereka yang tidak tidak mengerti kandungan Al-Quran. Seorang muslimah yang mempelajari Al-Quran juga tahu bagaimana ia harus memperlakukan orang tua suami dan anak-anak mereka sesuai tuntunan Allah

Lebih dari itu Al-Quran memberikan kedamaian di hati bagi mereka yang membacanya maupun yang mempelajarinya. dalam hal ini Allah berfirman dalam Qur’an surat Yunus ayat 57

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Hai manusia sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian dan penyembuh bagi penyakit-penyakit yang berada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”

Anugerah terbesar yang diberikan kepada muslimah yang senantiasa akrab dengan Al-Quran adalah hati yang dipenuhi dengan rasa cinta pada Allah . Hati yang penuh cinta kepada Allah semata bebas dari rasa kebencian dendam iri hati dan tidak mengenal putus asa dan selalu berharap akan rahmat Allah dalam kondisi susah maupun senang.

Al-Quran memberikan dampak kebaikan yang begitu besar pada kehidupan kaum muslimah sehingga hendaknya setiap muslimah akrab dengan Al-Quran senantiasa membaca dan mempelajarinya kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendengar muslimah yang dirahmati Alloh  Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya Al-Quran bagi seorang muslimah. Semoga kita dapat mengambil manfaat darinya. Wallahu’alam.

%d blogger menyukai ini: