Pada hari selasa hingga kamis pekan ini telah berlangsung konferensi forum zakat internasional di Bandung. Salah satu kesimpulan dari pertemuan pengelola zakat global di Bandung, Jawa Barat adalah diperlukannya komitmen bersama dari negara-negara Muslim untuk mengentaskan kemiskinan di dunia lewat pengelolaan dana zakat. Dari hasil pertemuan tersebut juga diketahui bahwa pengelolaan dana zakat global belum optimal untuk menekan angka kemiskinan di negara-negara berpenduduk Muslim.

Sekretaris Jenderal forum zakat internasional, Bambang Sudibyo mengatakan, forum tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan pemahaman zakat yang dapat melepaskan umat dari kemiskinan pada khususnya dan untuk memperkuat ukhuwah secara umum.

Oleh karena itu, komitmen di antara negara-negara Muslim dalam bekerja sama dan berkolaborasi di gerakan zakat global sangat dibutuhkan. Hal ini sebagaimana diungkapkan Bambang dikutip website Baznas pekan ini.

Bambang menilai, komitmen zakat global harus memberi perhatian tidak hanya pada bagaimana zakat dikumpulkan dan didistribusikan secara global. Tetapi, juga bagaimana zakat dikelola secara profesional, efektif, efisien, dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat. (hidayatullah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: