Pesawat militer Amerika jatuh di wilayah kontrol Taliban pada Senin kemarin dalam keadaan yang masih misterius. Taliban mengaku bertanggung jawab sementara Pentagon membantah pesawat itu jatuh akibat tembakan musuh.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengumumkan dalam sebuah pernyataannya bahwa pesawat khusus penjajah Amerika jatuh di provinsi Ghazni. Ia mengklaim seluruh awak pesawat tewas.

Melalui sambungan telepon, Mujahid menjelaskan bahwa pesawat itu ditembak jatuh secara taktik. Namun ia tidak menjelaskan bagaimana penembakan pesawat tersebut. Beberapa jam kemudian, Departemen Pertahanan Amerika mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut milik militer Amerika.

Ia menambahkan, penyebab kecelakaan sedang diselidiki, tetapi tidak ada indikasi disebabkan oleh tembakan musuh. Ia pun membantah klaim Taliban.

Terlepas dari kontroversi penyebab jatuhnya pesawat itu, insiden ini terjadi pada saat berlangsungnya negosiasi antara Taliban dan Amerika Serikat. Taliban menargetkan ditandatanganinya perjanjian pada akhir Januari ini. Perjanjian itu pada jaminan kepergian pasukan Amerika.

https://www.kiblat.net

 

%d blogger menyukai ini: