Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, musim kemarau tahun 2019 ini telah menyebabkan kekurangan air dan kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap yang mengganggu kesehatan warga. Oleh karena itu, pada Senin pagi, ribuan pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan prajurit TNI serta aparat Polri mendirikan shalat istisqa guna memohon kepada Allah  agar menurunkan hujan. Hal ini sebagaimana diungkapkan Gubernur Erzaldi setelah shalat istisqa di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Selain menggelar sholat istisqo bersama jajaran pegawai, Gubernur Bangka belitung meminta kepada seluruh warga masyarakat untuk menggelar shalat minta hujan. Gubernur Bangka Belitung pun meminta warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, tindakan tersebut akan memperparah kabut asap akibat karhutla.

Ia mengatakan, Pemprov Babel sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan menanggulangi karhutla. Karhutla telah menimbulkan kabut asap yang memperburuk kualitas udara.

sumber: hidayatulloh

%d blogger menyukai ini: