Ribuan pengunjuk rasa telah turun ke jalan-jalan di beberapa kota di Mesir, dalam sebuah aksi protes yang jarang terjadi terhadap pemimpin rezim, Abdel Fattah Al Sisi. Berkumpul di Tahrir Square di Kairo pada Jumat malam, para demonstran meneriakkan slogan-slogan anti presiden. Hal ini sebagaimana dilansir Al Jazeera sabtu kemarin.

Di Alexandria, ratusan orang berbaris ke tepi pantai, meneriakkan slogan yang sama, sementara di kota pelabuhan Damietta, pengunjuk rasa merobek poster besar Al Sisi, presiden mesir yang terkenal otoriter.

Protes dilaporkan terjadi di delapan kota, yang terbesar digelar di ibu kota Kairo, Alexandria dan Suez. Video dan foto-foto aksi unjuk rasa dibagikan di media sosial dengan tagar #Tahrir_Square, yang menjadi topik teratas pada Jumat kemarin.

Media  mengutip sumber keamanan, mengatakan setidaknya 74 orang ditangkap. Tidak ada korban yang dilaporkan. Beberapa media dilarang meliput  dari dalam Mesir.

Sejauh ini rezim Mesir tidak membuat komentar terkait aksi unjuk rasa tersebut, dan media resmi juga tidak meliput jalannya aksi unjuk rasa. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: