Jama’ah wanita dapat diizinkan untuk melakukan ibadah haji tanpa ditemani mahram laki-laki, Arab News melaporkan, Minggu kemarin. Kebijakan ini bersamaan dengan upaya pemerintah untuk memberi berbagai pilihan visa bagi warga negara lain yang ingin melakukan perjalanan ke negaranya.

Sebelumnya kaum wanita diminta untuk melakukan ibadah haji/umrah dengan mahram atau wali laki-laki, meskipun wanita di atas usia 45 dapat bepergian tanpa mahram jika mereka berada dalam tur kelompok.

Jika perempuan bepergian dengan kelompok tanpa mahram mereka, maka wanita tersebut harus menyerahkan surat notaris mahram mereka, yang mengizinkan perjalanan haji atau umrah dengan kelompok tersebut.

Tetapi baru-baru ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memungkinkan perempuan untuk datang tanpa perlu mahram. Ini adalah salah satu dari sejumlah perkembangan di sektor Haji dan Umrah, dimana rezim pemerintah mendesak kementerian ini untuk melakukan intervensi di sektor haji dan umrah demi menyelamatkan perekonomian Arab Saudi yang selama ini sangat bergantung pada minyak. (arrahmah.com/admin)

%d blogger menyukai ini: