Senegal meresmikan masjid terbesar di Afrika Barat. Masjid tersebut dibangun di Dakar, ibukota Senegal. Dilansir media pada rabu kemarin, kelompok agama Persaudaraan Mouride mengumpulkan sebesar 50 juta dolar untuk membangun masjid. Biaya pembangunan masjid itu diperoleh dari berbagai sumbangan.

Masjid Massalikul Jinaan yang berarti jalan menuju surga, memiliki bentuk kubah emas seperti Dome of Rock di Yerussalem dan bentuk pelataran serta arsitektur seperti Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini bisa menampung kapasitas hingga 30 ribu.

Sementara itu, bangunan masjid terdiri dari empat ruang shalat dan halaman terbuka. Selain itu, terdapat sebuah lembaga dan perpustakaan Islam di masjid tersebut. Lebih dari 500 pekerja ambil bagian dalam pembangunan masjid tersebut.

Mouride sendiri merupakan persaudaraan Sunni yang diikuti oleh mayoritas Muslim di Senegal. Kelompok agama ini didirikan oleh ulama Senegal Sheikh Bamba pada 1887. Sementara itu, lebih dari 90 persen dari sekitar 15 juta penduduk Senegal beragama Islam.

https://khazanah.republika.co.id

%d blogger menyukai ini: